Keamanan Jaringan

Tujuan utama dari keamanan ini adalah untuk mencegah kriminal komputer dan hilangnya data.
  
Keamanan Fisik
Penekanan utama dari keamanan fisik adalah untuk mencegah akses yang tak berhak ke ruang komunikasi, pusat kontrol jaringan atau peralatan komunikasi.

Enkripsi
Dengan banyaknya jaringan yang menggunakan relay satelit dan mikrowave untuk transmisi data, maka setiap orang dengan antena dapat mendapatkan transmisi dan mempunyai akses ke data yang ditransmisikan. Salah satu metode untuk mengamankan informasi yang ditransmisikan melalui gelombang udara dan bahkan untuk data yang ditransmisikan melalui kawat, disebut enkripsi atau ciphering.
Identifikasi Pemakai dan Password

User identification (ID) atau identifikasi pemakai dan password adalah sistem pengamanan yang paling terkenal dalam jaringan, walaupun ia mudah rusak. ID pemakai biasanya diberikan oleh manajer jaringan pada waktu profil pemakai dimasukkan ke dalam jaringan. Password biasanya tergantung pada kebijaksanaan pemakai.

Kontrol Lokasi dan Waktu
Waktu dan lokasi akses pemakai ke jaringan dapat dikontrol oleh mekanisme software dan hardware. Kontrol waktu dijalankan pada individu dengan adanya profil pemakai dalam jaringan yang menentukan interval hari dan waktu selama pemakai dapat mengakses sistem. Kontrol lokasi dijalankan dengan adanya profil terminal.

Terminal Pengubah dan Akses Penyambungan
Bagian pengamanan dalam jaringan yang paling mudah ditembus adalah terminal pengubah yang memungkinkan akses dial-in. Untuk meningkatkan keamanan terminal pengubah dengan akses dial-in, ia harus hanya dioperasikan selama waktu ketika transaksi dimungkinkan, bukan dioperasikan selama 24 jam per hari.

Audit Log
Log transaksi adalah aspek yang penting dalam keamanan jaringan. Setiap usaha login harus dicatat, termasuk tanggal dan waktu usaha tersebut, ID pemakai dan password yang digunakan.

Virus
Virus komputer adalah program komputer yang dapat dijalankan, yang memperbanyak atau menyebarkan dirinya sendiri dengan menggunakan program lain sebagai carrier.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar